Tuesday, May 3, 2011

Walktrough Final Fantasy 6 (GBA)


Final Fantasi VI

WALKTROUGH

WORLD OF BALANCE (PRE - C)
Di awal game, kalian akan mengendalikan seorang gadis misterius bersama 2 anggota pasukan Imperial, Wedge dan Biggs. Maju terus ke dalam tambang, kalahkan semua musuh yang menghadang. Kalahkan boss pertama, Whelk. Gunakan TekMissile, yang lain serang dengan apa saja. Ingatlah untuk menyerang kepalanya saja, karena jika kalian menyerang cangkangnya kalian akan dicounter dengan serangan yang berbahaya. Setelah menang, pergi ke tempat frozen esper(Tritoch). Usai kontak, gadis itu akan tersadar di rumah pria tua bernama Arvis. Bicaralah dengannya dan masukkan nama TERRA. Pasukan Imperial akan datang, kaburlah dari pintu belakang dan lari ke tambang. Di dalam, teruskan sampai terpojok, Terra akan jatuh ke lubang.

Usai flashback, event beralih ke seorang treasure hunter bernama Locke. Dengan bantuan para Moogle, hadang semua pasukan yang maju ke tempat Terra. Gunakan tombol kotak untuk berganti tim. Setelah semua kalah, maju dan lawan komandannya(Marshal). Untuk menang dengan mudah, kuasai command dance lalu gunakan Dusk Requiem dancenya Mog. Usai pertempuran, Locke akan membawa Terra keluar. Ingat pintu keluar ini, kalian akan kembali ke sini nanti. Di Narshe, kalian bisa memasuki rumah paling luar dan belajar berbagai hal tentang game ini.

*Note : Ingatlah untuk selalu mencek pot, peti, atau jam bandul jika melihatnya. Terkadang mereka menyimpan item, terlebih jam bandul yang menyimpan elixir.

Keluar, di world map pergi ke Figaro Castle, sebuah kastil di padang pasir di selatan. Temui Edgar, setelah ia dan Locke pergi jelajahi kastil ini. Beli tool untuk Edgar kecuali crossbow. Hal utama yang harus dilakukan adalah pergi ke ruang tidur raja di sebelah kiri kastil dan bicara dengan Matron. Ia akan bercerita tentang Sabin, adik kembar Edgar. Setelah itu kembali ke ruang tahta dan bicara dengan Edgar, akan ada berita tentang kedatangan Kefka. Sebagai Edgar, bicaralah dengan kedua pengawal Kefka, lalu dengan Kefka. Setelah itu bicaralah dengan Locke. Kembali ke Terra, ikuti Locke menuju kamar tamu di sebelah kanan kastil dan bicara lagi dengannya. Malamnya Kefka akan menyerang kastil, bicaralah dengannya lalu dengan prajurit di depan pintu. Mereka akan kabur dengan chocobo, lawan 2 magitek.

Setelah itu pergi ke Figaro Cave di tenggara. Bicaralah dengan penjaga, lalu masuk ke dalam. Mata air di sini bisa memulihkan HP/MPmu. Setelah keluar dari gua, masuki South Figaro. Ikuti Shadow ke café dan bicaralah dengannya. Lengkapi equipment. Kalau mau, kalian bisa pergi ke rumah paling besar di utara, naik ke lantai atas. Di kamar pertama, ada jalan rahasia di balik lemari yang akan membawamu ke basement. Salah satu ruangan menyimpan banyak item.

Keluar dari South Figaro dan pergi ke Mt Kolz di timur laut. Ikuti sesosok bayangan hitam, sampai kalian tiba di satu tempat dan harus menghadapi Vargas dan 2 Ipooh. Kalahkan kedua Ipooh, lalu serang Vargas dengan serangan fisik dan bio blaster. Usai pertempuran, Sabin akan datang dan melawannya. Gunakan pummel blitz untuk mengalahkannya (sorot command blitz dan tekan x, lalu tekan kiri, kanan, kiri, dan tekan x lagi).

Setelah Sabin bergabung, masuki gua dan lanjutkan perjalanan. Setelah tiba di world map lagi, pergi ke Returner's Hideout, sebuah gua
di utara. Di sana bicaralah dengan Banon. Sasat mengendalikan Terra lagi, bicaralah dengan ketiga rekanmu dan semua Returner, lalu temui banon di luar. Saat ia bertanya, pilih no, kembali ke dalam dan bicara dengan Returner di ruangan utara untuk mendapat Genji glove. Kini bicara lagi dengan banon dan pilih yes. Usai event, jalan ke bawah dan gunakan rakit. Lindungi banon, jangan sampai ia mati, ia bisa menghealing semua karaktermu tanpa MP. Di tengah jalan kalian akan dihadang Ultros, gunakan Aura Bolt Sabin dan magic fire Terra. Setelah pertempuran, kalian bisa memilih 1 dari 3 skenario.

1. Misi Locke
Temui istri Duncan di rumahnya, lalu pergi ke item shop dan bicara dengan Merchant. Saat melawannya, gunakan command steal untuk mencuri pakaiannya. Lalu pergi ke rumah pelayan orang kaya, turun ke basement dan bicara dengan cucunya untuk lewat. Kini pergi ke tempat prajurit di atas tembok sebelah kiri dan lawan Officer, curi lagi pakaiannya. Bicara dengan seorang prajurit sampai ia pergi, ikuti ia ke cafe dan bicara dengan prajurit-prajurit di sana. Turun ke basement dan lawan merchant di gudang, curi pakaiannya. Setelah mendapat cider, kembali ke rumah pelayan orang kaya dan berikan cider padanya. Lalu bicara dengan cucunya, pilih 'courage'. Ia akan membukakan pintu rahasia. Jalan rahasia itu akan membawamu ke gudang di rumah milik si orang kaya. Naik ke lantai 2 dan pergi ke basement lewat jalan rahasia di kamar pertama (di belakang lemari). Kali ini ruangan pertama kalian akan menemukan Celes. Tolong ia, juga cek tubuh penjaga untuk mendapat clock key. Kini pergi ke ruang penuh peti harta dan periksa jam di pojok untuk memunculkan pintu rahasia. Teruskan sampai kalian keluar dari South Figaro.
(Note : Celes bisa menggunakan command Runic, yang bisa mengabsorb hampir semua magic. Command ini bisa dilakukan jika senjata yang ia equip adalah pedang, kecuali beberapa senjata seperti Atma weapon). 
Pergi ke Figaro Cave, gua ini tak berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja di pintu keluar kalian akan dihadang Tunnel Armor. Gunakan command runic Celes untuk mengabsorb magicnya, sementara Locke menyerang dengan serangan fisik. Setelah menang keluar dari gua ini.

2. Misi Terra
Setelah tiba di World map, pergilah ke narshe. Karena kalian tak diizinkan masuk, pergilah ke tambang tempat Locke dan Terra keluar dulu. Di salah satu ruangan kalian harus mengikuti jalur cahaya. Kalian juga bisa bertemu para moogle di salah satu ruangan. Pergi ke tempat Arvis lewat jalan di belakang rumahnya.

3. Misi Sabin
Pergi ke rumah terdekat, kalian bisa bicara dengan merchant dan membeli equipment. Bicaralah dengan Shadow, ia akan bergabung untuk sementara. Kini pergi ke Empire Base yang terletak di padang pasir di selatan. Usai event, kendali akan beralih ke Cyan. Kalahkan komandan musuh. Kembali ke Sabin cs, jalan ke bawah dan lihat event dengan Leo. Majulah, Kefka akan muncul. Serang ia, ia akan kabur. Kejar dan lawan lagi, Terus kejar ia sampai kalian harus melawan musuh lain. Sementara Kefka akan menuangkan racun ke sungai, yang akan membunuh semua penghuni Doma Castle kecuali Cyan. Saat mengendalikan Cyan, temui raja, lalu temui keluarganya. Berikutnya bantu Cyan mengalahkan semua musuh. Setelah mencuri Magitec, lawan semua musuh yang menghadang lalu keluar dari sini. Pergi ke sebuah hutan di selatan (Phantom Forest), di sini adal mata air yang bisa memulihkan HP/MP. Temukan dan masuki sebuah kereta api (Phantom Train). Di sini tujuanmu adalah pergi ke gerbong terdepan. Di tengah jalan, setelah mereka meloncat ke gerbong di depan, tekan saklar untuk melepas gerbong belakang dan membuka pintu. Kalian bisa memulihkan HP/MP dengan memesan makanan. Lanjutkan ke depan. Di gerbang berikut, kalian akan melawan Ziegfried jika mencek peti harta. Terus saja ke gerbang terdepan, di ruang kontrol tekan saklar pertama dan ketiga. Lalu pergi ke bagian terdepan dan lawan Phantom Train. Gunakan phoenix down padanya untuk menang dengan cepat.

Kini keluar dari hutan dan pergi ke sebuah gua di timur hutan. Di air terjun terjunlah(Kage akan pergi di sini). Saat jatuh ke bawah kalian akan dihadang beberapa musuh, termasuk bos Rizoplas, serang dengan swordtech dan pummel. Setelah ini mereka akan hanyut dan ditemukan Gau. Setelah ia pergi, pergi ke Mobliz di timur dan beli dried meat. Kalian bisa bertemu seorang prajurit yang terluka, kalian bisa membacakan surat untuknya dan mengirim balasannya lewat seseorang di rumah sebelah kanan. Keluar dan cari random encounter, jika Gau muncul setelah pertempuran, berikan dried meat padanya. Setelah ia bergabung, kalian bisa meleap monster-monster di Velt, lalu cari encounter untuk kembali memunculkan Gau. Masuki gua di selatan Mobliz, setelah mendapat 'treasure' Gau, terjun ke sungai. Tiba di Nikeah, pergi ke dermaga dan naiki kapal ke South Figaro. Setelah semua tiba di Narshe, tentara Kefka akan menyerang. Setelah semua karaktermu siap, bicaralah dengan Banon. Bagi karaktermu jadi 3 tim. Pertempuran ini mirip dengan saat menolong Terra dulu, hanya saja musuh kini jauh lebih banyak. Setelah semua musuh habis, kirim maju salah satu timmu dan kalahkan Kefka. Berikutnya mereka akan mencoba kontak dengan esper Tritoch. Terra akan  berubah jadi esper dan menghilang. Setelah bisa mengendalikan karaktermu, ambil item-item di rumah sebelah kanan. Lalu keluar dari sini dan pergi ke Figaro Castle. Bicara dengan seseorang di jalan menuju basement, untuk menggerakkan kastil ke Kohlingen. Pergi ke kota Kohlingen di utara. Pergi kerumah di kanan atas dan turun ke basement untuk event dengan Rachel, juga ke rumah Rachel untuk event lain.

Pergi ke Jidoor, kota yang terletak jauh di selatan. Cari informasi tentang Terra, dan sewa Chocobo jika mau. Lalu pergi ke Zozo di utara. Pergi ke menara bagian bawah, dan naik ke atas. Di tengah jalan kalian harus meloncat ke menara di sebelahnya, naik dan meloncat kembali ke menara semula. Sebelum tiba di puncak kalahkan Dadaluma. Masuki ruangan di puncak menara untuk menemukan Terra. Ramuh akan muncul, usai event kalian akan mendapat magicite Ramuh, Strai, Kirin dan Siren.

(Note: tiap esper selain memberi kemampuan magic, juga beberapa diantaranya memberi kemampuan khusus saat level up. Pasang esper tersebut pada karakter yang hampir level up untuk meningkatkan status tersebut. Misal Sabin hampir level up dan kalian ingin meningkatkan vigornya, pasang esper Bismark dan bertarung. Saat level up, vigor Sabin akan meningkat sebanyak 2 point.) 

Bicaralah dengan rekan-rekanmu, lalu pilih timmu. Pergi ke Jidoor dan masuki rumah paling besar di utara. Bicaralah dengan Impresario, lalu baca surat yang ia jatuhkan. Setelah itu pergi ke Opera House di tanjung sebelah selatan Jidoor. Bicaralah dengan Impresario, Celes akan menggantikan maria untuk pertunjukan opera. Saat bisa menggerakkan locke, temui Celes di ruang ganti. Untuk Celes, baca score di meja, lalu pergi ke panggung lewat pintu di kiri atas. Pilih kata-kata dalam kurung agar pertunjukan sukses.

(O my hero) so far away now,
will I ever see your smile
Love goes away, like night into day,
It's just a fading dream

(I'm the darkness), you're the stars,
our love is brighter than the sun
For eternity, for me there can be,
only you my chosen one…

(Must I) forget you?
Our solemn promise?
Will autum take the place of spring?
What shall I do? I'm lost without you.
Speak to me once more!

Setelah itu ikuti kemana bayangan Draco pergi, ia akan berubah jadi
bunga. Ambil bunga itu, pergi ke balkon dan setelah menyanyi ia akan
melempar bunga itu. Saat mengendalikan Locke lagi, baca surat di lantai,
lalu kembali dan bicara dengan Impresario.
Temui pria di kanan atas, lalu tekan saklar di dinding untuk
membuka pintu di sebelah kiri. Setelah itu pergi ke sebelah kiri atas
dan capai tempat Ultros sebelum waktu habis. Lawan ultros, gunakan magic
bolt, Ramuh atau aura bolt. Usai pertempuran ini Setzer akan menculik
Celes. Usai event di airship, ia akan mengantarmu ke dekat Albrook.
Vektor terletak di barat laut Albrook.
Pergi ke Vektor, lalu Bicaralah dengan seorang returner yang
bersembunyi dekat peti. Saat ia mencuri perhatian penjaga, naik ke atas
lewat peti dan masuk ke dalam Magitec research facility.
Di dalam tujuan utamamu adalah mencari ban berjalan yang mengangkut
magitek armor, dan naik ke atasnya. Tiba di sebuah ruangan, kalian akan
melihat event Kefka dengan Shiva dan Ifrit. Turun ke tempat pembuangan
dan bicaralah dengan mereka berdua. Lawan Shiva dan Ifrit, serang Shiva
dengan magic fire dan Ifrit dengan magic ice, gunakan juga Ramuh. Bicara
lagi dengan mereka untuk mendapat magicite Shiva dan Ifrit.
Masuki pintu dan teruskan perjalanan, kalian akan dihadang No.024.
Curi Rune Edge darinya dan serang dengan magic bolt dan suplex/aura bolt
Sabin. Masuki ruang penelitian esper, cek panel di tengah untuk
membebaskan mereka, kalian akan mendapat magicite Maduin, Unicorn,
Shoat, Phantom, Carbuncle dan Bismark. Ikuti event, lalu bicara dengan
Cid.
Saat kabur dengan troly, kalian akan menghadapi beberapa encounter,
termasuk boss No. 128, left hand dan right hand. Tiba di luar, Setzer
akan menjemputmu. Hadapi 2 crane yang digerakkan Kefka, crane kiri
mengabsorb bolt dan lemah pada water, sedang crane kanan mengabsorb fire
dan lemah pada bolt serta water.
Di Zozo, ikuti event masa lalu Terra dan orang tuanya. Usai event
ini Terra akan bergabung lagi dan kini punya skill morph untuk berubah
jadi esper. Saat ini Kalian bisa menggunakan airship untuk menjelajah
kemanapun. Pergilah ke Velt dan leap monster-monster untuk skill rage
Gau. Juga pergi ke Triangle island, pulau kecil berbentuk segitiga di
kanan atas peta. Cari musuh bernama intangir di hutan, dan serang dengan
magic doom. Ia akan mengcounter dengan meteo, jadi pastikan karakter itu
punya HP cukup tinggi.
Pergi ke Narshe, lalu ke imperial base di sebelah timur Albrook
(ada di dekat sebuah jembatan). Lintasi base ini untuk mencapai Cave of
the sealed gate. Di basement 2, perhatikan bagian jembatan yang tak
berubah, dan berdiri di situ sebelum bagian jembatan menghilang. Di
basement 3, selain saklar di dinding, kalian juga harus menekan beberapa
saklar yang tak terlihat di lantai. Periksa lantai yang nampak sedikit
berbeda. Salah satu saklar ini akan membuka pintu gua berisi Atma
Weapon.
Teruskan sampai mencapai sealed gate, lawan Kefka dan lihat
eventnya. Setelah itu keluar dari sini dan kembali ke Imperial base,
Para esper akan menyerang airship, hingga jatuh di tenggara Maranda.
Pergilah ke Vektor di timur laut. Equipkan sprint shoes pada salah satu
karaktermu.
Masuki Imperial Castle dan temui Gestahl. Lalu bicara dengan
sebanyak mungkin prajurit imperial sebelum waktu habis, beberapa dari
mereka harus dilawan. Saat jamuan makan, bertanyalah pada Gestahl
beberapa kali. Saat Cid bertanya, pilih yes lalu bicara dan lawan salah
satu prajurit Gestahl. Kembali ke tempat dudukmu. Saat Gestahl bertanya,
pilih yes, ia akan memerintahkan Leo untuk pergi bersamamu.
Saat keluar, seorang utusan Gestahl akan memberimu kunci untuk
ruangan harta di Imperial Base. Tinggalkan Vektor. Kalian bisa pergi ke
Airship dan bicara dengan Setzer untuk event tentang Daryl. Juga
pergilah ke Imperial Base dan ambil item-item di peti. Bila sudah,pergi
ke Albrook. Temui Leo di dermaga, Celes dan Shadow akan datang. Pergi ke
inn dan tidurlah. Malamnya akan ada event. Paginya pergi ke dermaga dan
bicara lagi dengan Leo untuk pergi ke Crescent. Di kapal, bicaralah
dengan Leo.
Tiba di Crescent, pergi ke Thamasa. Temui Strago di rumahnya, lalu
tidur di inn. Malamnya Strago akan meminta bantuanmu. Temui ia di depan
rumah yang terbakar. Masuk ke dalam, musuh-musuh di sini adalah baloon,
serang dengan magic ice, shiva, atau serangan fisik dengan ice rod dan
blizzard. Strago bisa mempelajari exploder darinya. Capai tempat boss
Flame Eater, serang dengan ice, serangan fisik dengan ice rod/blizzard,
Shiva. Gunakan dispel jika ia mencast safe dan reflect, curi juga flame
sabre darinya.
Paginya pergi ke gua di sebelah barat Thamasa, di dalam cari patung
goddesses. Saat pergi kalian akan dihadang Ultros. Serang dengan magic
bolt, Ramuh, atau serangan fisik dengan flame sabre, thunder blade atau
fire rod. Setelah Relm datang, gunakan command sketchnya untuk
menyingkirkan 'Uncle Ulty' ini.
Pergi ke save point. Lalu turun, kalian akan jatuh ke jebakan.
Lanjutkan sampai bertemu para esper, otomatis kalian akan kembali ke
Thamasa. Lihat event dengan Kefka, kalian akan menghadapi Kefka dengan
Leo. Lihat event lagi, pergi ke Airship dan lihat kemunculan Flying
continent.
Saat di airship, pilih 'find the flying Continent', lalu bentuk tim
yang terdiri atas 3 orang. Pergi ke buritan kapal, lawan Ultros dan lalu
Chupon yang disummonnya. Gunakan Vanish + Doom pada Chupon untuk
mengakhiri pertempuran dengan cepat. Kalian akan terlempar ke bawah.
Saat jatuh, lawan Air Force, Laser Gun dan Missile Bay. Jika ia melepas
Speck, gunakan serangan fisik untuk menghancurkannya. Hancurkan AirForce
sebelum hitungan berakhir.
Tiba di Flying Continent, Shadow akan bergabung. Di sini kalian
harus menggunakan semacam 'teleporter' untuk berpindah tempat, dan juga
menekan saklar untuk membuka jalan.
Sebelum mencapai tempat Goddesses, kalian akan dihadang Atma
Weapon. Gunakan dispel padanya, lalu serang dengan rasp serta vanish +
demi. Setelah HPnya terkuras, gunakan serangan lain untuk menghabisinya.
Setelah menang pergi ke tempat patung dan lihat event.
Saat kalian harus kabur, pergilah ke ujung kanan sebelum waktu
habis. Kalian akan dihadang Nerapa, gunakan assassin sword untuk menang
dengan cepat. Tiba di ujung kanan, saat ada pilihan, pilih untuk
menunggu Shadow. Ia akan muncul 5 detik sebelum waktu habis(Note:jika
kalian meninggalkannya, ia akan mati dan kalian tak bisa merekrutnya
lagi nanti). Lihat eventnya.

WORLD OF RUIN (POST- C)
Setahun setelah kejadian, Celes yang dirawat Cid di pulau terpencil
akhirnya sadar, namun ganti Cid yang jatuh sakit. Tangkap ikan di pantai
dan berikan pada Cid, lakukan tiga kali. Saat ketiga kalinya, Cid akan
meninggal.
Usai event terjunnya Celes dari tebing, kembali ke rumah dan baca
pesan dari Cid. Pergi ke jalan rahasia dekat kompor, ambil rakit. Ia
akan berlayar dan tiba di dekat Albrook. Di Albrook, seorang wanita akan
memberitahu tentang seseorang yang juga mencari temannya dan kini pergi
ke Tzen.
Tzen terletak di utara. Saat masuk, gempa akan terjadi. Pergi ke
rumah di kiri atas dan bicara dengan Sabin. Lalu masuk ke dalam rumah,
cari seorang anak di atas lemari, lalu keluar sebelum waktu habis.
Setelah Sabin bergabung, masuki hutan kecil di utara untuk menemukan
Chocobo Stable. Sewa Chocobo di sana. (Note : Kalian juga bisa membeli
magicite Sraphim dari seseorang di balik pohon di Tzen).
Pergi ke Mobliz, kota di ujung tanjung sebelah timur. Masuk ke
rumah, bicaralah dengan Terra dan anak-anak di sini. Lalu keluar,
Phumbaba akan datang. Terra akan melawannya namun kalah. Lawan ia,
gunakan bio. Setelah ia kabur, seorang anak akan memberikan magicite
Fenrir yang dijatuhkan Phumbaba.
Kini pergi ke Nikeah, kota pelabuhan di utara. Beli equipment, dan
bicaralah dengan para pencuri di pub. Lalu temui Gerald, pria yang
berdiri di sebelah kiri armor shop, dan ikuti ia ke kapal.
Setelah tiba di South Figaro, temui lagi Gerald di inn. Lalu ikuti
mereka ke Figaro Cave. Susuri gua ini sampai kalian tiba di Figaro
Castle. Turun ke basement dan masuki engine room, bantu Gerald alias
Edgar melawan 4 tentacle. Mereka bisa menimbulkan status poison dan
menangkap 2 dari 3 kataktermu, jadi berhati-hatilah. Setelah menang,
kembali ke atas dan tidur untuk event.
Bicara dengan seseorang di jalan menuju basement untuk menggerakkan
kastil ke Kohlingen. Lalu masuki Kohlingen dan temui Setzer di inn.
Setelah ia bergabung, pergi ke Daryl Tomb di barat. Di dalam, sebagian
musuh bertipe undead dan bisa dikalahkan dengan revivity.
Di makam ini ada beberapa ruangan. Pergi ke ruangan kanan atas, dan
tekan saklar untuk meningkatkan tingi permukaan air. Ruangan kanan bawah
ada peti berisi genji helmet. Pergi keruangan tengah, dan cek 4 makam
untuk menemukan serangkaian huruf. Keluar dan pergi ke ruang kiri atas,
masukkan kata THE WORLD IS SQUARE untuk mendapat petunjuk tentang exp
egg. Pergi ke ruangan di kiri bawah, tekan sebuah saklar di sana. Juga
ada jalan tak terlihat yang akan membawamu ke ruangan berisi exp
egg(relic untuk menggandakan exp yang diperoleh).
Kembali ke ruangan tengah, dan tekan saklar di sana untuk
meningkatkan tinggi permukaan air lagi. Lalu lanjutkan smpai ruangan
dengan save point. Peti dekat save point berisi presenter, monster yang
mirip dengan boss Whelk dulu. Kalahkan untuk mendapat Dragon Claw.
Tiba di makam Daryl, lawan Dullahan. Gunakan Vanish + X zone untuk
menang dengan mudah. Kini masuki pintu yang terbuka dan turun ke tempat
penyimpanan airship Falcon. Sepanjang jalan Setzer akan bercerita
tentang Daryl. (Note : Dengan adanya airship, kalian bisa langsung ke
Kefka Tower dan melawan Kefka, namun kalian akan kesulitan dalam kondisi
sekarang.)
Hal-hal berikut ini tak harus dilakukan berurutan, kalian bisa
melakukan dengan urutan yang berbeda.
1. Pergi ke Maranda dan bicara dengan Lola di rumahnya. Baca suratnya
dan terima permintaan Lola. Lalu berikan surat itu pada merpati pos di
luar. Ikuti burung itu ke Zozo. Beli rust-rid dari seseorang di depan
menara jam, lalu naiki menara tengah. Gunakan rust rid untuk membuka
pintu ke Mt.Zozo. Di Mt. Zozo, tekan saklar di lantai di kanan atas save
point untuk membuka peti berisi Storm Dragon, 1 dari 8 naga crusader.
Gunakan vanish+doom/x-Zone untuk menang dengan cepat. Hal ini juga
berlaku untuk naga-naga lain. Lanjutkan sampai bertemu Cyan. Setelah ia
bergabung, tinggalkan tempat ini. Kalian bisa membawa Cyan ke Maranda
dan temui Lola untuk event kecil.
2. Pergi ke Opera House dan bicara dengan Impresario. Lalu pergi ke
kanan atas, bicara dengan pria di sana dan tekan saklar ketiga untuk
mencapai panggung. Kalahkan Dirt Dragon(naga kedua).
3. Pergi ke Jidoor, dan pergi ke Auction house untuk mengikuti lelang.
Beli Golem dan Zoneseek dari lelang. (Note : Sebenarnya kalian bisa
membeli Golem dan Zoneseek saat World of Balance, caranya sama. Mungkin
kalian harus membeli barang-barang lain yang ditawarkan agar keduanya
dijual). Lalu masuki rumah Ouzer(rumah paling utara) dan periksa lukisan
Emperor Gestahl untuk pesan darinya. Periksa lukisan wanita di kiri
bawah, dan lawan 2 Dahling untuk memunculkan pintu. Untuk teka-teki 3
pintu, mauki pintu yang kiri. Untuk peti harta yang tergantung di
dinding, kalian harus menekan lantai yang berwarna lebih gelap. Tiba di
tempat Relm, hadapi Chadarnook. Ia punya 2 wujud, wujud wanita dan wujud
monster. Gunakan vanish + x-zone untuk menang dengan cepat. Setelah itu
cek rak sebelah kanan untuk mendapat magicite Starlet. Relm pun akan
bergabung. Setelah Relm bergabung, kalian bisa menjemput Strago di depan
Fanatic Tower.
4. Saat kalian terbang dengan airship, mungkin kalian akan menemukan
encounter dengan DoomGaze. Gunakan vanish + doom untuk menang dengan
mudah. Kalian akan mendapat magicite Bahamut.
5. Kembali ke Mobliz, kalian akan mendengar bahwa Katrin menghilang.
Pergi ke rumah lain dan temui ia dan Terra di basement rumah lain.
Phumbaba akan datang lagi. Lawan ia, gunakan magic bio dan bio blaster.
Setelah ia menerbangkan 2 karaktermu, Terra akan bergabung dalam wujud
esper. Gunakan strategi yang sama. Setelah menang, Terra akan bergabung
lagi.
6. Pergi ke pulau dimana Celes dirawat dulu. Di pantai kalian akan
menemukan magicite Palidor.
7. Pergi ke Velt dengan 3 karakter dalam tim. Cari encounter, terkadang
Gau akan muncul usai pertempuran. Ia akan bergabung. Masuki gua di Velt,
kalian akan bertemu Interceptor. Ikuti ia. Ada jalan tak terlihat di
kanan peti berisi monster. Teruskan sampai bertemu Shadow, dan lawan
SrBemoth, gunakan vanish+x-zone/doom. Ia akan muncul lagi di belakang,
kali ini gunakan revivity. Otomatis kalian akan kembali ke Thamasa.
Bicaralah dengan Shadow, lalu tinggalkan Thamasa dan kembali lagi,
Shadow telah pergi. Pergi ke Colloseum dan gunakan striker, maka musuhmu
adalah Shadow. Kalahkan, ia akan bergabung. (Note : jika saat di Flying
Continent kalian tak menunggu Shadow, maka kalian hanya akan menemukan
Relm di gua di Velt).
8. Bawa Sabin ke sebuah tempat di timur Narshe, dimana ada 5 pohon
membentuk tanda (+). Masuki pohon yang tengah untuk mencapai kediaman
Duncan. Ia akan mengajarkan Sabin teknik Blitz BumRush, teknik
terkuatnya.
9. Bawa Airship dan mendaratlah di tengah pegunungan di utara Tzen.
Kalian akan diminta membentuk 2 tim.
-Tim pertama - masuk dan injak saklar.
-Tim kedua - masuk lewat pintu yang terbbuka. Ke kanan dan injak saklar
untuk memmembuka pintu bagi tim pertama.
-Tim pertama - masuki pintu yang terbukaa dan injak saklar untuk
menghilangkan jebakan duri di lantai.
-Tim kedua - lewati jalan yang tadinya tterhalang duri. Jalan ke kanan
dan tekan saklar lain.
-Tim pertama - masuki pintu di kanan bawwah. Tiba di tempat berlahar,
jalan ke kiri dan injak sebuah saklar untuk memunculkan batu-batu dari
lahar. Lalu pergi ke kanan atas sampai jalanmu terhalang dan ganti tim.
-Tim kedua - masuki pintu di kiri atas. Di area berlahar, lewati batu-
batu yang dimunculkan tim pertama tadi. Tekan saklar untuk membuka jalan
bagi tim pertama.
-Tim pertama - jalan ke atas, masuki pinntu di sebelahnya dan tekan
saklar untuk membuka jalan bagi tim kedua.
-Tim kedua - lewati jalan yang terbuka ddan tekan saklar di utara save
point.
-Tim pertama - kembali ke atas dan jalann ke kiri. Lewati batu-batu di
lahar. Tekan saklar untuk menguras air dan memadamkan lahar.
-Tim kedua - jalan ke kiri dan tekan sakklar untuk mengganti posisi batu.
-Tim pertama - Jalan ke bawah dan lawan Red Dragon(naga ketiga). Kembali
ke atas dan tekan saklar.
-Tim kedua - jalan ke kiri, di area dimaana lahar telah membeku, masuki
pintu di kiri. Lalu loncar ke tempat tim pertama berada dan injak salah
satu saklar di bawah.
-Tim pertama - jalan ke bawah dan injak saklar lain. Lanjutkan ke bawah
dan teruskan sampai bertemu Locke. Usai event, Locke akan bergabung dan
kalian akan mendapat beberapa item.
10. bawa Strago dan Relm ke Thamasa, mereka akan mendengar bahwa Gungho
terluka oleh Hidon, makhluk buruan Strago. Pergi ke Ebot's Rock, pulau
kecil di utara Thamasa. Di dalam, cari coral di peti sebanyak mungkin,
baru berikan pada treasure box(Note:arah kalian memasuki teleporter akan
membawa kalian ke tempat yang berbeda pula). Setelah mendapat cukup
coral, treasure box akan membukakan jalan. Lanjutkan sampai melawan
Hidon dan 3 Hidonite. Ia memiliki serangan GrandTrain, yang merupakan
blue magic terkuat yang bisa dilore oleh Strago. Jadi bunuh ketiga
Hidonite, dan tunggu ia mengeluarkan serangan itu. Setelah ia
mengeluarkan serangan tersebut, kalian bisa menggunakan vanish + x-zone
untuk mengakhiri pertempuran.
11. Pergi ke Triangle Island, pulau kecil di timur laut dan cari musuh
bernama Zone Eater. Biarkan semua karaktermu dihisap olehnya. Di dalam,
hindari orang-orang berkostum aneh, atau kalian akan didorong ke bawah.
Setelah save point, kalian akan menghadapi ruangan dengan langit-langit
yang bisa turun. Berdirilah di tempat yang aman sebelum langit-langit
menimpamu. Teruskan sampai bertemu Gogo, ia akan bergabung. Kembali dan
keluar lewat tempat yang disinari cahaya dari atas.
12. Pergi ke Narshe dengan Locke dalam tim. Masuki armor shop untuk
mendapat cursed shield (kombinasikan dengan ribbon untuk menangkal
status buruk dan bertarung sebanyak 255 kali untuk mengubahnya jadi
paladin shield) dan weapon shop untuk mendapat ragnarook(saat kalian
ditanya, ambil pilihan pertama, karena hanya esper Ragnarook yang akan
memberimu magic Ultima, magic terkuat di game ini. Pergi ke tambang
lewat jalan di belakang rumah Arvis dan pergi ke tempat para Moogle. Di
sana Mog akan bergabung. Masukkan ia dalam tim. (Note : Mog memiliki 8
dance. Untuk mendapat semua dance, bawa ia bertempur di 8 lokasi
berbeda, mulai padang es, gurun, hutan, dll.)
Kini pergi ke tambang tempat kamu bertemu Tritoch dulu, hanya saja
kali ini di persimpangan ambil jalan ke kanan. Tiba di tempat kalian
bertempur untuk melindungi Banon dulu, cari dan kalahkan Ice Dragon(naga
keempat). Teruskan dan lawan Tritoch, gunakan vanish + doom. Setelah
menang kalian akan mendapat magicite Tritoch. Lalu terjun ke bawah lewat
tebing dimana Tritoch berada tadi. Di bawah, cari ruangan dengan 2
saklar dan tekan saklar di ujung kanan. Setelah tiba di bawah, periksa
tengkorak untuk mendapat magicite Terrato. Lalu lawan yeti(Umaro). Jika
Mog ada dalam tim ia bisa mengajak Umaro untuk bergabung.
13. Colloseum, kalian bisa menukarkan item-item untuk mendapat item yang
lebih hebat atau malah lebih payah. Jika kalian menukarkan item-item
seperti phoenix down atau magicite, kalian akan bertemu Chupon yang akan
menerbangkanmu.
14. Pergi ke Figaro Castle dan suruh pria di jalan ke basement untuk
menggerakkan kastil ke Kohlingen atau Figaro. Jika ia mengatakan sesuatu
menghalangi perjalanan, suruh ia berhenti. Lalu pergi lewat lubang di
penjara untuk mencapai gua bawah tanah. Susuri gua ini, kalian akan tiba
di Ancient Castle. Masuki ruangan di kiri tangga luar, cek peti dan
lawan Katana Soul untuk mendapat offring(gunakan vanish + doom).
Masuki kastil, cek patung odin untuk mendapat magicite Odin. Turun
ke kamar di sebelah kanan untuk tiba di kamar ratu, dan baca Queen's
Diary. Jika ingin mengubah Odin jadi Raiden, pergi ke ruangan tempat
kamu mendapat Odin tadi. Berjalanlah ke selatan kira-kira 5 langkah dari
singgasana dan tekan x, jika benar akan ada bunyi. Pergi ke kamar ratu,
kini tangga menuju basement akan terbuka. Di bawah kalian akan bertemu
Blue Dragon(naga kelima). Jika kalian membawa Strago, kalian bisa
mempelajari Cleanswep darinya. Cek patung ratu untuk mengubah Odin jadi
Raiden. (Note:meski kalian juga bisa mendapat magic Meteor dari esper
Crusader nanti, tapi hanya Odin yang memberi speed bonus saat level up.
Jadi terserah kalian ingin mengubah Odin jadi Raiden sekarang atau
kembali nanti).
15. Pergi ke Doma Castle dengan Cyan dalam tim. Tidur di sana, trio
dreamstooges akan merasuki Cyan dan kalian akan menyusulnya. Di dalam
temukan kedua rekanmu, lalu pergi ke pintu terakhir. Kalian akan
dihadang Curley, Larry dan Moe, gunakan vanish pada mereka bertiga lalu
gunakan x-zone.
Masuki pintu tersebut, kali ini kalian akan tiba di ghost train. Di
gerbong dengan 6 peti harta, tekan saklar dan ingat posisi peti. Ambil
lump of metal dan berikan pada treasure chest, lalu ambil flame shield.
Di gerbong berikut, tekan saklar untuk membuka jalanmu. Lalu buka peti
sesuai posisi peti yang kamu lihat tadi, dan tekan saklar.
Posisi peti adalah : B B T B = buka
T T B T = tutup
Lanjutkan ke ruangan mesin, turunkan saklar pertama dan ketiga, dan
naikkan saklar kedua. Keluar, kalian akan mengendalikan magitek di
Narshe mines. Berkelilinglah, lalu berbalik, kembali untuk melihat Cyan.
Ikuti ia, kalian akan jatuh dan kembali ke Doma Castle. Pergi ke ruang
tahta, lawan Wrexsoul. Gunakan x-zone untuk menang dengan cepat. Setelah
Cyan sadar, pergi ke ruang tahta untuk mendapat magicite Alexandr.
16. Fanatics Tower
Bawa karakter-karakter dengan magic kuat(Terra, Strago, Celes, atau
Relm). Bawa juga Locke dengan genji glove + offring, serta Atma weapon +
valiant knife. Gunakan magic float pada semua karakter, sebab di tingkat
atas musuh-musuh akan menggunakan magic quake.
Di ruang harta pertama, cek sebelah kanan peti harta. Lalu keluar
dan masuki pintu harta yang muncul dan ambil air anchor. Di ruangan
berisi stunner, kalian akan menemukan white dragon(naga keenam). Naik
sampai puncak menara, ambil gembox dan equipkan pada salah satu
karaktermu. Keluarlah, kalian akan dihadang MagiMaster. Gunakan magic
berserk padanya, lalu gunakan life 3 pada semua karaktermu. Gunakan
magic berserk juga pada Locke, yang lain serang dengan ultima. Saat
kalah, ia akan mencast ultima pada semua karaktermu. Setelah menang,
turun kembali dan tinggalkan menara. (Note:musuh-musuh di Fanatics tower
takkan memberimu exp, namun memberi magic point yang cukup tinggi.)
17. Ini sekedar tambahan saja. Kalian bisa bertarung di padang pasir di
selatan Maranda, lawan cactrot untuk mendapat 10 MP dan untuk 5 AP.
Kalian juga bisa pergi ke hutan di utara Narshe. Lawan Tyrano untuk
mendapat exp. Juga kalian bisa mencuri ribbon dari brachosaur. Kalahkan
untuk mendapat economizer(relic yang memangkas MP untuk semua magic jadi
1). Selain itu kalian bisa mencuri elixir dari Peeper dan megalixir dari
Erthgard.
Setelah semua siap, kini pergi ke Kefka Tower. Di sini bentuk 3
tim.
Tim pertama, ambil coronet, lalu masuki jalan di dekatnya. Teruskan
sampai kalian tak bisa melanjutkan perjalanan, ganti ke tim kedua.
Tim kedua, berjalanlah sampai tiba di toilet. Kalahkan Atma di
toilet pertama(gunakan vanish + x-zone) untuk memunculkan save point.
Lanjutkan, masuki ruangan dengan satu saklar dan tekan saklar tersebut
agar tim pertama bisa lewat. Keluar dari ruangan itu dan masuki pintu di
kanan, di dekat singgasana kalian akan menemukan GoldDragon(naga
ketujuh), gunakan strategy vanish + x-zone/doom. Lanjutkan dan injak
saklar di ujung perjalanan.
Tim ketiga, setelah save point kalian akan dihadang Inferno,
striker dan Rough. Setelah mengalahkannya, teruskan. Di perjalanan, cek
cahaya merah untuk membuka jalan di sebelah kiri. Masuki pintu dekat
situ dan kalahkan Skull Dragon(naga kedelapan). Dengan kalahnya
kedelapan naga, kalian akan mendapat esper Crusader, esper yang
menyerang baik musuh maupun kalian sendiri! Teruskan dan injak saklar
kedua.
Tim pertama, lanjutkan perjalanan. Tiba di ruangan yang sama dengan
kedua tim lain, masuki pintu . Di ruangan dengan 3 saklar itu, jalan ke
kiri dan turun ke pintu di kiri bawah, Geser tim kedua dari saklar, lalu
dorong balok ke arah saklar di bawah. Kembali ke ruangan sebelumnya dan
tekan saklar di lantai.
Tim kedua, pergi ke ruang dimana tim pertama berada dan jalan ke
kanan bawah, geser tim ketiga dan dorong balok ke saklar di bawah.
Kembali ke ruang sebelumnya dan injak saklar kanan.
Tim ketiga, pergi ke ruang dimana kedua tim lain berada dan injak
saklar tengah untuk membuka jalan. Masuki pintu dan lawan guardian. Curi
force armor dan serang ia dengan ultima. Save point akan muncul jika ia
kalah. Kembali ke ruang sebelumnya dan ke bawah lagi, injak saklar di
balkon untuk membuka pintu bagi kedua tim lain.
Tim pertama, jalan ke bawah lalu masuki pintu di sebelah kiri.
Lawan doom, setelah menang jalan ke depan dan injak saklar.
Tim kedua, jalan ke bawah dan masuki pintu di kanan, lawan goddess
(jika Strago ada dalam tim, ia bisa mempelajari quasar) lalu injak
saklar.
Tim ketiga, lanjutkan sampai kalian dihadang Poltergeist. Setelah
mengalahkannya, capai save point terakhir. Siapkan equipment, esper dan
relic untuk keduabelas karaktermu. Terjun ke lubang dan injak saklar
terakhir. Kalian akan tiba di tempat Kefka. Siapkan urutan keduabelas
karaktermu. Karakter yang mati akan digantikan oleh karakter berikutnya.
Adapun urutan pertempuran adalah sebagai berikut:
-Pertempuran pertama, melawan StrongArm,, ShortArm dan Face.
-Pertempuran kedua melawan Tiger, Hit, TTools dan Magic.
-Pertempuran ketiga melawan Sleep dan Giirl, kalian bisa mencuri
Ragnarook dari Girl dan Atma Weapon dari Sleep. Hati-hati karena saat
Sleep mati, ia akan membunuh karakter yang menyerangnya tersebut.
Gunakan Life 3 sebelum membunuhnya.
-Pertempuran terakhir melawan Kefka. Ia memiliki HP sekitar 62000,
gunakan Ultima dan serangan fisik Locke(dengan genji glove+offring)
Pertempuran tersebut berlangsung beruntun. Jadi di awal pertempuran
gunakan haste 2 dan life 3 pada semua karaktermu jika kalian tak ingin
karaktermu digantikan.
(Note : lengkapi Locke dengan genji glove + offring, serta Atma weapon +
valiant knife atau Ragnarook. Juga Celes atau magician lain yang telah
ditingkatkan magicnya dengan gembox dan economizer, lalu gunakan magic
quick disusul ultima. Maka kalian takkan mengalami kesulitan dengan
pertempuran ini.)

Setelah tamat, kalian bisa mensave system data seperti chrono Trigger
atau Chrono Cross, dan meloadnya untuk menu bonus.

Sebagai tambahan, ini adalah daftar lore/blue magic:
1. Condemned(20 MP)
Juga dikenal dengan nama Death sentence. Jika hitungan mencapai 0
target akan mati. Dipelajari dari Veteran, Critic dan StilLive.
2. Roulette(10)
Doom pada target secara random. Dipelajari dari DrkForce, Veteran
dan Critic.
3. CleanSwep(30)
Serangan berbasis air(tsunami), bisa dipelajari dari BlueDragon.
4. AquaRake(22)
Juga disebut Aqua breath, serangan berbasis water+wind. Dikuasai
sejak Strago bergabung, juga dimiliki oleh Vectgoil,Rhyos dan Chimera.
5. Aero(41)
Serangan berbasis angin, dipelajari dari Dethgaze, Tyrnsaur dan
Sprinter
6. Blowfish(50)
Atau dikenal juga dengan 1000 iron needles, serangan yang akan
menghasilkan damage 1000 point pada musuh apapun.
7. Big Guard(80)
Nama lainnya Mighty Guard, memberi status safe + shell pada semua
anggota tim. Dipelajari dari DrkForce, Mover dan ErthGard.
8. Revenge(31)
Menghasilkan damage sebesar HP maksimal dikurang HP Strago saat
itu. Dipelajari dari Dragon, Pandora dan DrkForce.
9. PearlWind(45)
Nama lainnya White Wind. Menyembuhkan semua karakter sejumlah Hp
yang dimiliki Strago saat itu.
10. Lv 5 Doom(22)
Atau Lv 5 Death. Instant death pada target dengan level kelipatan
5.
11. Lv 4 Flare(42)
Magic Flare pada musuh dengan level kelipatan 4.
12. Lv 3 Muddle(28)
Status muddle/confuse pada target dengan level kelipatan 3.
13. Rflect???(?)
Status Dark+mute+slow pada target. Dipelajari dari DrkForce.
14. Lv? Pearl(50)
Magic pearl untuk musuh dengan level kelipatan dari angka satuan
GPmu. Dipelajari dari Dullahan, Critic dan DrkForce.
15. StepMine(?)
Menghasilkan damage sebesar 1/32 jumlah step. Jumlah MP sebesar
2xplaytime. Dipelajari dari Pug, Mesosaur dan GresMonk.
16. Frcefield(24)
Menangkal macam-macam serangan. Dipelajari dari DoomGaze.
17. Dischord(68)
Menurunkan level target menjadi setengahnya. Dipelajari dari
Pepsquek, Figaliz atau IronHtmn.
18. Sourmouth(32)
Lebih dikenal sebagai Bad Breath. Menimbulkan berbagai status buruk
pada musuh. Dipelajari dari EvlOscar dan MadOscar.
19. Pep Up(1)
Mengorbankan diri sendiri untuk memulihkan status karakter lain.
Dipelajari dari Junk, Flan dan Muus.
20. Rippler(66)
Melenyapkan semua suport status. Dipelajari dari ReachFrg dan
DrkForce.
21. Stone(22)
Menimbulkan damage sekaligus status nuudle. Dikuasai sejak Strago
bergabung, juga dikuasai oleh IronFist dan Brawler.
22. Quasar(50)
Menyerang dengan magic meteor, dipelajari dari Goddess dan
DrkForce.
23. GrandTrain(64)
Lore trerbaik, dipelajari dari Hidon.
24. Exploder(1)
Mengorbankan diri sendiri untuk menghasilkan damage pada musuh.

Untuk daftar rage Gau, tidak kusertakan karena Gau bisa meleap
total 255 monster, yang akan terlalu panjang jika kutulis di sini.

Tips tambahan : Fokuskan karaktermu untuk meningkatkan status
tertentu. Misal untuk Strago atau Relm, saat mereka hampir level up,
pasang esper yang memberi peningkatan magic power seperti Tritoch. Maka
saat mereka level up magic power mereka akan meningkat sebanyak 2 point.
Bedakan mereka manjadi petarung fisik atau magician. Untuk Locke,
tingkatkan Hpnya(dengan esper Bahamut), agar serangannya dengan Atma
weapon menjadi efektif.

4 comments:

  1. Pergi ke Velt ...
    velt itu dimana ya ??

    ReplyDelete
  2. Cek Ajah D Youtube gan...
    soal.a udah lama Ngak main Nhii game. ..

    ReplyDelete
  3. disitu katanya suruh nyari coral di ebot's rock,, tapi waktu masuk, gelap bgt sampe karakternya ga keliatan, gimana nyarinya itu? ada clue ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhahah . . Sorry gan lama udah ngak main . . googling ajah . . nyari "map Ebot's Rock" sorry gan. . :D

      Delete